Kamis, 08 Juli 2021

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SMK IPTEK WERU

Tahun Pelajaran  : 2021/2022

Mata Pelajaran    : PKKR

Alokasi Waktu     : 6 JP (6 X 30 Menit)

Kelas Semester    : XII TKR/ Gasal

 

KD PENGETAHUAN

KD KETERAMPILAN

3.14.Mendiagnosis kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

4.14. Memperbaiki sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

IPK

IPK

3.14.1 Menentukan cara Mendiagnosis kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

3.14.2 Mendeteksi letak kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

4.14.1 Memperbaiki sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

4.14.2 Mengontrol  hasil perbaiki sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan

Materi: Pendahuluan rangkaian penerangan,  Merangkai sistem penerangan lengkap sesuai SOP.

Tujuan Pembelajaran:  Melalui proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, peserta didik mampu

menentukan cara mendiagnosis dan memperbaiki kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan.

Sumber Belajar:  NEW STEP 1 TRAINING MANUAL PT TOYOTA ASTRA MOTOR 1995, D-STEP DAIHATSU TECHNICIAN, PT ASTRA DAIHATSU MOTOR JAKATA 2009, Internet, Jobsheet.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan: Saintifik

 

 

Metode : Diskusi, Demonstrasi.

 

 

Produk : Hasil lembar kerja peserta didik

 

 

 

Media, Alat, dan Bahan: Google Drive, PPT, Youtube, Blog, WhatApp, Media Praktik.

A.     PENDAHULUAN

1.      Guru menyapa peserta didik melalui WhatsApp Grup Kelas.

2.      Menyampaikan pesan religius untuk berdoa dan memotivasi peserta didik agar selalu mematuhi protokoler kesehatan.

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

B.     KEGIATAN INTI

1.      Mengamati.

Guru memberikan informasi kepada peserta didik melalui Grup WhatsApp. Peserta didik membuka link materi di Google drive, bloger  maupun dari Youtube yang di berikan guru. 

2.      Menanya

Peserta didik merumuskan permasalahan  yang ada pada materi tersebut.

3.      Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mencatat pokok-pokok informasi dari materi.

4.      Menalar

Peserta didik menulis dibuku catatan  atau di HP berdasarkan informasi yang didapat.

5.      Mengkomunikasikan

Peserta didik memberikan komentar di bloger, Youtube maupun mengerjakan soal latihan di google form dan mengumpulkan tugas lewat Google drive.

C.     PENUTUP DAN UMPAN BALIK

1.        Guru memberikan refleksi dengan cara mengomentari hasil kerja siswa.

2.        Peserta didik menerima penjelasan melalui Youtube mengenai materi pada pertemuan yang akan dating.

3.        Siswa dan guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan berdoa .

Penilaian :

1.      Penilain sikap dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara pengamatan dan observasi.

2.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tulis selama proses pembelajaran.

3.      Penilaian keterampilan dengan cara menilai keaktifan peserta didik dalam mengikuti dan mengumpulkan tugas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ESAY

          JAWAB SOAL BERIKUT INI DENGAN TEPAT 1.        Apa fungsi dari sebuah pengaman kelistrikan pada kendaraan? 2.        Apa perbed...