SMK ottomotif |
STANDAR KOMPETENSI
Memperbaiki sistem kemudi
|
Job No. 01 |
|
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
|
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi
jenis-jenis sistem kemudi
|
Kelas : XII TKR
Semester : 5
|
|
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
|
JOB SHEET
Gigi kemudi tipe Recirculating ball
|
Durasi
:
4 X45Menit
|
1. Tujuan Khusus Pembelajaran
Peserta belajar dapat
1. Membongkar gigi
kemudi type bola bersirkulasi
2. Memeriksa
bagian-bagian gigi kemudi type bola bersirkulasi
3. Memasang bagian-bagian
gigi kemudi type bola bersirkulasi
4. Menyetel gigi
kemudi
2.
Alat
1. Set kotak alat
2. Dial indikator
3. Alat khusus
kemudi
4. Fuler
5. Mikrometer
dalam
6. Mikrometer luar
7. Kunci momen
8. Set kunci sok
9. Set kunci “ L”
3.
Bahan
1. Unit roda gigi
kemudi recirculating ball
2. Vet
3. Majun
4. Nampan
4.
Keselamatan kerja :
–
Hati-hati rumah roda gigi kemudi jangan sampai jatuh,
sewaktu memasang di ragum.
–
Hindarkan tumpahan oli pelumas di lantai
Bagian-bagian kemudi jenis
sirkuit peluru
|
1.
Klem sambungan fleksibel
2.
Bantalan peluru
3.
Mur peluru kemudi
4.
Baut kemudi
5.
Lengan pitman
|
6.
Sil
7.
Rumah roda gigi kemudi
8.
Bantalan jarum
9.
Roda gigi poros sektor
10.
Tutup dan paking
|
5.
Langkah kerja :
Pembongkaran
– Lepas klem sambungan batang kemudi (no1), beri tanda pada klem dengan rumah
kemudi
– Lepas mur pengikat lengan pitman (no 5A), perhatikan tandanya bila tidak
ada beri tanda.
– Keluarkan oli pelumas roda gigi kemudi
– Lepas mur pengunci penyetel poros sektor (no 10A)
– Lepas tutup poros sektor (no 10) putar baut penyetel sektor searah jarum
jam. Perhatikan paking jangan sampai rusak
– Keluarkan baut penyetel preload.
– Posisi roda gigi sektor di tengah roda mur kemudi, keluarkan poros sektor.
– Kendorkan mur penguci baut penyetel bantalan preload
– Buka baut penyetel tegangan bantalan batang kemudi, perhatikan posisi
bantalan peluru bagian depan
– Keluarkan unit baut kemudi, perhatikan posisi bantalan peluru belakang
– Bersihkan
semua bagian-bagian yang dibongkar
|
|||
JANGAN MENGELUARKAN STEEL BALL |
Pemeriksaan
Unit baut kemudi
–
Periksa meluncurnya mur pada baut kemudi, mur harus
dapat meluncur secara lembut
–
Bila meluncurnya tidak beraturan, bantalan peluru
cacat atau permukaan konis yng berbentuk spiral rusak
– Bila
bantalan peluru dan konis rusak, unit baut kemudi diganti seluruhnya
– Periksa kodisi gigi mur kemudi, rusak atau aus
– Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus, retak dan cacat
Poros sektor
– Kondisi p[ermukaan atau alur roda gigi sektor, retak atau aus
– Kekocokan atau keausan poros sektor bagian atas roda gigi sektor dan tutup
sektor. Ukurlah !
(Celah 0,05 – 0,1 mm)
– Kondisi alur gigi sektor yang berhubungan dengan lengan pitman, aus atau
rusak
Periksa celah baut penyetelan sektor dengan poros sektor, celah celah
maksimum 0,05 mm
Bantalan peluru dan jarum
–
Periksa kondisi bantalan peluru dan jarum, macet atau
cacat
–
Kondisi permukaan konis, rusak atau cacat
Lengan pitman
–
Periksa alur gigi pitman ,aus atau rusak
Sambungan batang kemudi
–
Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus atau
rusak
–
Periksa sil pelumas, bila bibir sil rusak atau cacat,
ganti !
Petunjuk pemasangan
- Langkah pemasangan adalah kebalikan langkah pembongkaran, adapun hal-hal
yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut :
- Beri vet sedikit pada bagian-bagian ini
-
Permukaan konis baut bentuk spiral
-
Poros sektor yang berhubungan dengan bantalan jarum
-
Bantalan peluru
-
Permukaan kontak roda gigi mur dan roda gigi sector
-
Posisikan mur peluru di tengah-tengah baut kemudi
bentuk spiral
-
Pasang baut gigi sektor tepat di tengah roda gigi mur
peluru
1. Roda gigi sektor
2.
Baut bentuk spiral
3.
Mur kemudi Bantalan peluru
|
- Kembalikan tanda-tanda pembongkaran seperti semula
1.
Rumah kemudi
2.
Sambungan batang kemudi
3.
Tanda
|
- Momen pengencang mur pengikat lengan pitman dengan poros sector 70 -
110Nm
- Oli pelumas roda kemudi SAE 90
Penyetelan
- Ketegangan bantalan (Pre – Load)
- Stel tegangan atau kebebasan awal batang kemudi, atur mur penyetel sampai
di peroleh ketegangan 0,2 – 0,5 Nm
1.
Kunci momen
2.
Unit roda gigi kemudi
3.
Ragum
|
- Jangan lupa memasang mur pengunci
- Stel gerak bebas roda gigi mur peluru dengan roda gigi sektor, atur baut
penyetel pada tutu sektor
- Gerak bebas 0,1 mm
1.
Dial indikator
2.
Lengan pitman
3.
Unit roda gigi kemudi
4.
Ragum
-
Jangan lupa memasang mur pengunciSMK Ottomotif |
STANDAR KOMPETENSI
Memperbaiki sistem kemudi
|
Job No. 02 |
|
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
|
KOMPETENSI
DASAR
Memeriksa
kondisi sistem/komponen kemudi
|
Kelas : XII TKR
Semester
: 5
|
|
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
|
JOB SHEET
Gigi kemudi tipe
Roll and Cacing
|
Durasi :
4
X45 Menit
|
1
TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN
Peserta
belajar dapat :
1. Membongkar
gigi kemudi type cacing dan roll
2. Memeriksa
bagian-bagian kemudi type cacing dan roll
3. Memasang
bagian-bagian kemudi type cacing dan roll
4. Menyetel
kemudi type cacing dan roll
2. Alat
1. Set kotak
alat
2. Set kunci
sok
3. Alat khusus
kemudi
4. Dial
indikator
5. “ V “ blok
6. Mikrometer
dalam
7. Mikrometer
luar
8. Kunci
momen
3. Bahan
1. Unit roda
gigi kemudi
2. Vet
3. Majun
4. Nampan
4. Keselamatan kerja :
-
Rumah roda gigi jangan kemudi sampai jatuh,
sewaktu memasang di ragum
-
Hindarkan tumpahan oli atau vet di lantai
Bagian-bagian kemudi jenis cacing dan roll
Keterangan gambar.
1.
Tutup dan paking poros rol
2.
Rumah roda gigi kemudi
3.
Baut dan mur penyetel
4.
“0” ring atau sil
5. Roda gigi cacing
6.
Bantalan peluru
7.
Rol dan poros rol
8.
Busing
9.
Sil
10. Lengan pitman
5. Langkah kerja :
Pembongkaran
-
Lepas lengan pitman (no10) lihat tandanya,
bila tidak ada beri tanda
-
Keluarkan oli pelumas roda gigi kemudi
-
Lepas mur pengikat penyetel bach less poros
rol
-
Lepas tutup rumah rol, putar baut penyetel
poros rol searah jarum jam sampai tutup rol terlepas. Perhatikan paking jangan
sampai rusak
-
Atur roda gigi rol tengah-tengah roda gigi
cacing, keluarkan poros rol dari rumahnya
-
Kendorkan mur pengikat baut penyetel
ketegangan batang kemudi
-
Lepas baut penyetel ketegangan batang kemudi
-
Lepas “0” ring atau sil
-
Keluarkan bantalan depan roda gigi cacing
-
Lepas batang kemudi dan roda gigi cacing
-
Keluarkan bantalan roda gigi cacing
-
Bersihkan semua bagian-bagian yang dibongkar
Pemeriksaan :
Ø Poros rol:
-
Periksa bantalan poros rol macet atau rusak
-
Kondisi roda gigi rol aus atu cacat
-
Periksa kekocakan atau keausan busing dengan
poros rol ukurlah ! Celah yang ditentukan 0,05-0,1mm
-
Periksa celah baut penyetel dengan poros rol,
celah maksimum 0,05 mm
-
Kondisi alur gigi poros rol yang berhubungan
dengan lengan pitman ,aus atau rusak
Ø
Batang kemudi:
-
Periksa permukaan dan kondisi roda gigi
cacing, aus atau cacat
-
Periksa permukaan bantalan peluru aus atau
cacat
-
Periksa kebengkokan batang kemudi, ukurlah !
-
Kebengkokan 0,3 mm
-
Kondisi alur gigi yang berhubungan dengan
roda kemudi, aus atau rusak
Ø
Lengan pitman:
-
Kondisi ball joint lengan pitman, longgar
atau macet
-
Kondisi alur gigi lengan pitman, aus atau
rusak
-
Periksa “0” ring sil penjamin, putus atu
rusak. Ganti !
-
Periksa bantalan peluru, cacat atau macet.
Ganti !
Petunjuk
pemasangan :
-
Langkah pemasangan adalh kebalikan
pembongkaran, sebelumnya perhatikan petunjuk di bawah
-
Beri vet sedikit pada bagian-bagian :
*
Bantalan peluru
*
Busing dan poros sektor
*
Roda gigi cacing dan rol sektor
-
Pasang poros sektor tepat di tengah-tengah
roda gigi cacing
-
Pasang lengan pitman tepat pada tanda strip
poros sector
-
Momen pengencangan mur pengikat lengan pitman
dengan poros sektor 70-110 Nm
-
Oli pelumas roda gigi kemudi SAE 90
Penyetelan
-
Stel ketegangan atau preload batang kemudi,
atur pengencang mur penyetel dan ukur momennya pada batang kemudi 0,12 – 0,17
-
Jangan lupa memasang mur pengunci
-
Stel back less rol sektor dengan roda gigi
cacing, atur pengencang penyetel pada tutup sektor
Back less
0,16 – 0,19 mm
1.
Dial indikator
2.
Lengan pitman
3.
Unit roda gigi kemudi
-
- Pasang mur pengunci
1. Tujuan Khusus Pembelajaran
Peserta belajar dapat
1. Membongkar
gigi kemudi type rak dan pinion
2. Memeriksa
bagian-bagian gigi kemudi type rak dan pinion
3. Memasang
bagian-bagian gigi kemudi type rak dan pinion
4. menyetel
gigi kemudi type rak dan pinion
2.
Alat
1. Alat
pengangkat
2. Dongkrak
3. Penyngga
tiga kaki
4. Kotak alat
5. Kunci sock
6. Kunci momen
7. Tang snap
ring
8. Treker
9. Dial
indikator Pre-load meter
3. Bahan
1. Mobil atau
stand kemudi jenis rak dan pinion
2. Vet
3. Majun
4. Nampan
4. Keselamatan Kerja
-
Jangan memanaskan batang rak, bila sambungan
rak macet, hal ini untuk menghindari perubahan besi batang rak
-
Bila unit kemudi rak da pinion sudah
terlepas, jangan membelokkan roda depan dengan sudut besar. Peluru CV joint
bisa terlepas, bila membelokkan roda berlebihan
Pembongkaran
:
-
Angkat bagian depan mobil dengan lift atau
dongkrak, (pesang penyangga tiga kaki, bila mengankat dengan dongkrak )
-
Lepas roda
-
Lepas ball joint tie – rod dari lengan nakel
kemudi
-
Beri tanda pasang antara poros pinion dengan
sambungan salib kemudi
· Saat memberi tanda pada sambungan salib, roda
kemudi harus berada pada posisi tengah.
1.
Sambungan salib kemudi
2.
Poros pinion
-
Lepas dua baut pengikat poros pada sambungan
salib dan lepas sambungan salib kemudi.
-
Lepas klem atau baut penyangga rumah rak pada
bodi.
-
Lepas unit rumah gigi kemudi (jepit pada
ragum bagian pemegang rumah rak).
-
Beri tanda dan ukur panjang ulir yng menonjol
dari sambungan rak.
L = Panjang ulir yang harus diukur
(kanan dan kiri)
fghhh
-
Lepas tie – rod.
-
Lepas klip, klem dan karet penutup (catat
posisi karet penutup kanan da kiri, bila panjangnya tidak sama).
-
Buka cincin pengunci sambungan rak dan
gunakan alat khusus untuk membuka sambungan rak (catat posisi sambungan rak,
bila panjangnya kanan dan kiri tidak sama)
·
Gunakan dua alat khusus, yang satu untuk
memegang rak dan yang lainnya untuk membuka sambungan rak.
·
Beri tanda sambungan rak kanan dan kiri
-
Lepas mur pengunci dan baut penyetel pengatur
rak.
-
Keluarkan pegas pengatur, cincin dan
pengantar rak.
-
Lepas mur pengunci dan baut penyetel bantalan
pinion.
-
Keluarkan sil, bila perlu.
-
Tarik keluar pinion bersama-sama bantalan
atas.
-
Tarik keluar rak pada posisi lurus.
(Perkatikan busing rumah rak jangan sampai rusak oleh gigi rak ).
-
Lepas bantalan atas pinion dengan treker.
-
Lepas bantalan bawah pinion.
·
Panas rumah rak ke dalam air yang medidih (temperatur
800-1000 C).
·
Pukkul rumah rak dengan palu plastik agar
bantalan bawah keluar.
·
Awas! Rumah rak panas, gunakan kain lap untuk
memegang.
1.
Air mendidih
2.
Kompor listrik
Rumah rak
Pemasangan
:
-
Susun dan bersihkan komponen-komponen yang di
bongkar.
Periksa kondis
·
Ukur kebengkokan rak, bila kebengkokkan
melebihi 0,3 mm ganti.
·
Ukur celah bebas antara rak dengan bushing
rumah rak, bila celah bebas lebih 0,05 mm ganti bushing.
·
Kondisi gigi rak, bila aus atau patah ganti.
·
Hindarkan rak terhadap goresan atau pukulan.
-
Periksa kondisi gigi pinion, bila aus atau
patah ganti.
-
Periksa kondisi bantalan bawah da atas, bila
aus atau macet ganti.
-
Periksa karet penutup, bila rusak atau aus
atau macet ganti.
-
Periksa sil perapat, bila bibir sil rusak
ganti
-
Periksa kondisi ball joint sambungan rak dan
tie-rod, bila aus ganti.
-
Periksa kondisi Penghantar rak, bila rusak
atau retak ganti.
-
Periksa cincin pengunci sambungan rak, bila
rusak atau retak ganti.
-
Periksa kondisi ulir-ulir mur dan baut,bila
aus atau rusak perbaiki dengan
tap atau sney.
-
Periksa klem dan klip, bila rusak ganti.
Pemasangan :
-
Langkah pemasangan adalah kebalikan dari
pembongkaran, adapun komponen-komponen yang perlu diperhatikan saat pemasangan
adalah :
-
Beri vet secukupnya pada bantalan, rak, gigi rak
dan pinion serta ball joint.
-
Beri pelumas secukupnya ulir-ulir mur dan
baut.
-
Kembalikan tanda-tanda (kanan dan kiri)
seperti semula.
-
Pemasangan rak terhadap posisi pinion.
·
Atur
bagian rak yang terlekuk berada ditengah-tengah lubang poros pinion.
·
Pasang
pinion pada dudukannya dan yakinkan bawah ujung pinion berada dibantalan bawah.
Setel
pre-load pinion.
-
Perhatikan tanda pemasang pada sambungan
salib.
-
Setel tie-rod sesuai dengan tanda semula (ulir
tie-rod kanan dan kiri harus sama panjang)
-
Jangan lupa mengencangkan semua baut
pemasangan dan mur ball-joint dengan momen.
-
Baut pemasang rumah kemudi : 60 Nm.
-
Mur ball-joint tie-rod : 50 Nm
·
Bila ada nepel vet pada ball – joint, lakukan
pelumasan dengan pompa vet.
-
Jangan lupa memasang pin pengunci pada ball –
joint dan melipat pengunci pada baut pemasangan rumah kemudi.
-
Periksa toe – in (ukuran toe – in pada
corolla : 0 ± 1mm)
|
Absen men
BalasHapusMahfudin nitip absen, men
BalasHapusBambang 08
BalasHapusHadir
Up.
XII D absen
BalasHapusJecksen hadir
BalasHapusJecksen hadir
BalasHapus