Kamis, 27 Juli 2017

jobsheet sistem kemudi xii tkr





SMK ottomotif
STANDAR KOMPETENSI
Memperbaiki sistem kemudi

Job No. 01

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi jenis-jenis sistem kemudi
Kelas       : XII TKR
Semester : 5
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
JOB SHEET
Gigi kemudi tipe Recirculating ball

Durasi :
4 X45Menit



1.    Tujuan Khusus Pembelajaran
        Peserta belajar dapat
                  1.   Membongkar gigi kemudi type bola bersirkulasi
                  2.   Memeriksa bagian-bagian gigi kemudi type bola bersirkulasi
                  3.   Memasang bagian-bagian gigi kemudi type bola bersirkulasi
                  4.   Menyetel gigi kemudi
2.     Alat
         1.    Set kotak alat
         2.    Dial indikator
         3.    Alat khusus kemudi
         4.    Fuler
         5.    Mikrometer dalam
         6.    Mikrometer luar
         7.    Kunci momen
         8.    Set kunci sok
         9.    Set kunci “ L”
3.    Bahan
         1.   Unit roda gigi kemudi recirculating ball
         2.   Vet
         3.   Majun
         4.   Nampan
4.    Keselamatan kerja :
         Hati-hati rumah roda gigi kemudi jangan sampai jatuh, sewaktu memasang di ragum.
         Hindarkan tumpahan oli pelumas di lantai
Bagian-bagian kemudi jenis sirkuit peluru



 
 












1.     Klem sambungan fleksibel
2.     Bantalan peluru
3.     Mur peluru kemudi
4.     Baut kemudi
5.     Lengan pitman
6.     Sil
7.     Rumah roda gigi kemudi
8.     Bantalan jarum
9.     Roda gigi poros sektor
10.  Tutup dan paking



5.    Langkah kerja :
Pembongkaran
   –         Lepas klem sambungan batang kemudi (no1), beri tanda pada klem dengan rumah kemudi
   –         Lepas mur pengikat lengan pitman (no 5A), perhatikan tandanya bila tidak ada beri tanda.
   –         Keluarkan oli pelumas roda gigi kemudi
   –         Lepas mur pengunci penyetel poros sektor (no 10A)
   –         Lepas tutup poros sektor (no 10) putar baut penyetel sektor searah jarum jam. Perhatikan paking jangan sampai rusak
   –         Keluarkan baut penyetel preload.
   –         Posisi roda gigi sektor di tengah roda mur kemudi, keluarkan poros sektor.
   –         Kendorkan mur penguci baut penyetel bantalan preload
   –         Buka baut penyetel tegangan bantalan batang kemudi, perhatikan posisi bantalan peluru bagian depan
   –         Keluarkan unit baut kemudi, perhatikan posisi bantalan peluru belakang
   –         Bersihkan semua bagian-bagian yang dibongkar









JANGAN MENGELUARKAN STEEL BALL


























Pemeriksaan
Unit baut kemudi
         Periksa meluncurnya mur pada baut kemudi, mur harus dapat meluncur secara lembut
         Bila meluncurnya tidak beraturan, bantalan peluru cacat atau permukaan konis yng berbentuk spiral rusak
         Bila bantalan peluru dan konis rusak, unit baut kemudi diganti seluruhnya














         Periksa kodisi gigi mur kemudi, rusak atau aus
         Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus, retak dan cacat
Poros sektor
         Kondisi p[ermukaan atau alur roda gigi sektor, retak atau aus
         Kekocokan atau keausan poros sektor bagian atas roda gigi sektor dan tutup sektor. Ukurlah ! 
         (Celah  0,05 – 0,1 mm)
         Kondisi alur gigi sektor yang berhubungan dengan lengan pitman, aus atau rusak






        






Periksa celah baut penyetelan sektor dengan poros sektor, celah celah maksimum 0,05 mm
Bantalan peluru dan jarum
         Periksa kondisi bantalan peluru dan jarum, macet atau cacat
         Kondisi permukaan konis, rusak atau cacat
Lengan pitman
         Periksa alur gigi pitman ,aus atau rusak
Sambungan batang kemudi
         Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus atau rusak
         Periksa sil pelumas, bila bibir sil rusak atau cacat, ganti !
Petunjuk pemasangan

-         Langkah pemasangan adalah kebalikan langkah pembongkaran, adapun hal-hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut :
-         Beri vet sedikit pada bagian-bagian ini
-         Permukaan konis baut bentuk spiral
-         Poros sektor yang berhubungan dengan bantalan jarum
-         Bantalan peluru
-         Permukaan kontak roda gigi mur dan roda gigi sector
-         Posisikan mur peluru di tengah-tengah baut kemudi bentuk spiral
-         Pasang baut gigi sektor tepat di tengah roda gigi mur peluru



1.     Roda gigi sektor
2.     Baut bentuk spiral
3.     Mur kemudi Bantalan peluru


-         Kembalikan tanda-tanda pembongkaran seperti semula

1.     Rumah kemudi
2.     Sambungan batang kemudi
3.     Tanda


-          Momen pengencang mur pengikat lengan pitman dengan poros sector 70 - 110Nm
-         Oli pelumas roda kemudi SAE 90
Penyetelan
-         Ketegangan bantalan (Pre – Load)
-         Stel tegangan atau kebebasan awal batang kemudi, atur mur penyetel sampai di peroleh ketegangan 0,2 – 0,5 Nm


1.     Kunci momen
2.     Unit roda gigi kemudi
3.     Ragum






-         Jangan lupa memasang mur pengunci
-         Stel gerak bebas roda gigi mur peluru dengan roda gigi sektor, atur baut penyetel pada tutu sektor
-         Gerak bebas 0,1 mm


 



1.     Dial indikator
2.     Lengan pitman
3.     Unit roda gigi kemudi
4.     Ragum
-         Jangan lupa memasang mur pengunci

SMK Ottomotif
STANDAR KOMPETENSI
Memperbaiki sistem kemudi

Job No. 02

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI DASAR
Memeriksa kondisi sistem/komponen kemudi
Kelas       : XII TKR
Semester : 5
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
JOB SHEET
Gigi kemudi tipe
Roll and Cacing

Durasi      :
4 X45 Menit

1      TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN

Peserta belajar dapat :

          1.   Membongkar gigi kemudi type cacing dan roll

          2.   Memeriksa bagian-bagian kemudi type cacing dan roll

          3.   Memasang bagian-bagian kemudi type cacing dan roll

          4.   Menyetel kemudi type cacing dan roll
2.     Alat
          1.    Set kotak alat
          2.    Set kunci sok
          3.    Alat khusus kemudi
          4.    Dial indikator
          5.    “ V “ blok
          6.    Mikrometer dalam
          7.    Mikrometer luar
          8.    Kunci momen
3.     Bahan
           1.  Unit roda gigi kemudi
           2.  Vet
           3.  Majun
           4.  Nampan
4.     Keselamatan kerja :
-         Rumah roda gigi jangan kemudi sampai jatuh, sewaktu memasang di ragum
-         Hindarkan tumpahan oli atau vet di lantai
 

Bagian-bagian kemudi jenis cacing dan roll
















 Keterangan gambar.
1.     Tutup dan paking poros rol

2.     Rumah roda gigi kemudi

3.     Baut dan mur penyetel

4.     “0” ring atau sil
5.    Roda gigi cacing
6.     Bantalan peluru

7.     Rol dan poros rol

8.     Busing

9.     Sil
10.  Lengan pitman

5.     Langkah kerja :

Pembongkaran

-         Lepas lengan pitman (no10) lihat tandanya, bila tidak ada beri tanda

-         Keluarkan oli pelumas roda gigi kemudi

-         Lepas mur pengikat penyetel bach less poros rol

-         Lepas tutup rumah rol, putar baut penyetel poros rol searah jarum jam sampai tutup rol terlepas. Perhatikan paking jangan sampai rusak
-         Atur roda gigi rol tengah-tengah roda gigi cacing, keluarkan poros rol dari rumahnya
-         Kendorkan mur pengikat baut penyetel ketegangan batang kemudi
-         Lepas baut penyetel ketegangan batang kemudi
-         Lepas “0” ring atau sil
-         Keluarkan bantalan depan roda gigi cacing
-         Lepas batang kemudi dan roda gigi cacing
-         Keluarkan bantalan roda gigi cacing
-         Bersihkan semua bagian-bagian yang dibongkar
Pemeriksaan :
Ø  Poros rol:
-         Periksa bantalan poros rol macet atau rusak
-         Kondisi roda gigi rol aus atu cacat
-           Periksa kekocakan atau keausan busing dengan poros rol ukurlah ! Celah yang ditentukan 0,05-0,1mm
-           Periksa celah baut penyetel dengan poros rol, celah maksimum 0,05 mm














-         Kondisi alur gigi poros rol yang berhubungan dengan lengan pitman ,aus atau rusak
Ø  Batang kemudi:
-         Periksa permukaan dan kondisi roda gigi cacing, aus atau cacat
-         Periksa permukaan bantalan peluru aus atau cacat
-         Periksa kebengkokan batang kemudi, ukurlah !
-         Kebengkokan 0,3 mm
-         Kondisi alur gigi yang berhubungan dengan roda kemudi, aus atau rusak
Ø  Lengan pitman:
-         Kondisi ball joint lengan pitman, longgar atau macet
-         Kondisi alur gigi lengan pitman, aus atau rusak
-         Periksa “0” ring sil penjamin, putus atu rusak. Ganti !
-         Periksa bantalan peluru, cacat atau macet. Ganti !
Petunjuk pemasangan :
-         Langkah pemasangan adalh kebalikan pembongkaran, sebelumnya perhatikan petunjuk di bawah
-         Beri vet sedikit pada bagian-bagian :
*         Bantalan peluru
*         Busing dan poros sektor
*         Roda gigi cacing dan rol sektor
-         Pasang poros sektor tepat di tengah-tengah roda gigi cacing
-         Pasang lengan pitman tepat pada tanda strip poros sector
-         Momen pengencangan mur pengikat lengan pitman dengan poros sektor 70-110 Nm
-         Oli pelumas roda gigi kemudi SAE 90



 Penyetelan
-         Stel ketegangan atau preload batang kemudi, atur pengencang mur penyetel dan ukur momennya pada batang kemudi 0,12 – 0,17
-         Jangan lupa memasang mur pengunci
-         Stel back less rol sektor dengan roda gigi cacing, atur pengencang penyetel pada tutup sektor
Back less 0,16 – 0,19 mm
 

 


1.     Dial indikator
2.     Lengan pitman
3.     Unit roda gigi kemudi

-        








Pasang mur pengunci 





SMK Ottomotif
STANDAR KOMPETENSI
Memperbaiki sistem kemudi

Job No. 03

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI DASAR
Memperbaiki bebagai jenis sistem kemudi
Kelas       : XII TKR
Semester : 5
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
JOB SHEET
Gigi kemudi tipe
Rack and pinion

Durasi      :
4 X 45 Menit

1.     Tujuan Khusus Pembelajaran

Peserta belajar dapat

           1.  Membongkar gigi kemudi type rak dan pinion
           2.  Memeriksa bagian-bagian gigi kemudi type rak dan pinion
           3.  Memasang bagian-bagian gigi kemudi type rak dan pinion
           4.  menyetel gigi kemudi type rak dan pinion
2.     Alat
          1.   Alat pengangkat
          2.   Dongkrak
          3.   Penyngga tiga kaki
          4.   Kotak alat
          5.   Kunci sock
          6.   Kunci momen
          7.   Tang snap ring
          8.   Treker
          9.   Dial indikator Pre-load meter
3.     Bahan
          1.   Mobil atau stand kemudi jenis rak dan pinion
          2.   Vet
          3.   Majun
          4.   Nampan
4.     Keselamatan Kerja
-         Jangan memanaskan batang rak, bila sambungan rak macet, hal ini untuk menghindari perubahan besi batang rak
-         Bila unit kemudi rak da pinion sudah terlepas, jangan membelokkan roda depan dengan sudut besar. Peluru CV joint bisa terlepas, bila membelokkan roda berlebihan
Pembongkaran :
-         Angkat bagian depan mobil dengan lift atau dongkrak, (pesang penyangga tiga kaki, bila mengankat dengan dongkrak )
-         Lepas roda
-         Lepas ball joint tie – rod dari lengan nakel kemudi
-         Beri tanda pasang antara poros pinion dengan sambungan salib kemudi

·         Saat memberi tanda pada sambungan salib, roda kemudi harus berada pada posisi tengah.
1.     Sambungan salib kemudi
2.     Poros pinion







-         Lepas dua baut pengikat poros pada sambungan salib dan lepas sambungan salib kemudi. 
-         Lepas klem atau baut penyangga rumah rak pada bodi. 
-         Lepas unit rumah gigi kemudi (jepit pada ragum bagian pemegang rumah rak). 
-         Beri tanda dan ukur panjang ulir yng menonjol dari sambungan rak.


L = Panjang ulir yang harus diukur (kanan dan kiri)


 fghhh






-         Lepas tie – rod.
-         Lepas klip, klem dan karet penutup (catat posisi karet penutup kanan da kiri, bila panjangnya tidak sama).

-         Buka cincin pengunci sambungan rak dan gunakan alat khusus untuk membuka sambungan rak (catat posisi sambungan rak, bila panjangnya kanan dan kiri tidak sama) 

·          Gunakan dua alat khusus, yang satu untuk memegang rak dan yang lainnya untuk membuka sambungan rak.
·          Beri tanda sambungan rak kanan dan kiri
 








-         Lepas mur pengunci dan baut penyetel pengatur rak.
-         Keluarkan pegas pengatur, cincin dan pengantar rak.
-         Lepas mur pengunci dan baut penyetel bantalan pinion.
-         Keluarkan sil, bila perlu.
-         Tarik keluar pinion bersama-sama bantalan atas.
-         Tarik keluar rak pada posisi lurus. (Perkatikan busing rumah rak jangan sampai rusak oleh gigi rak ).
-         Lepas bantalan atas pinion dengan treker.
-         Lepas bantalan bawah pinion.
·          Panas rumah rak ke dalam air yang medidih (temperatur 800-1000 C).
·          Pukkul rumah rak dengan palu plastik agar bantalan bawah keluar.
·          Awas! Rumah rak panas, gunakan kain lap untuk memegang.
1.     Air mendidih
2.     Kompor listrik
Rumah rak


 Pemasangan :
 -         Susun dan bersihkan komponen-komponen yang di bongkar.
Periksa kondis
·          Ukur kebengkokan rak, bila kebengkokkan melebihi 0,3 mm ganti.


·          Ukur celah bebas antara rak dengan bushing rumah rak, bila celah bebas lebih 0,05 mm ganti bushing.
·          Kondisi gigi rak, bila aus atau patah ganti.
·          Hindarkan rak terhadap goresan atau pukulan.

-         Periksa kondisi gigi pinion, bila aus atau patah ganti.
-         Periksa kondisi bantalan bawah da atas, bila aus atau macet ganti.
-         Periksa karet penutup, bila rusak atau aus atau macet ganti.
-         Periksa sil perapat, bila bibir sil rusak ganti
-         Periksa kondisi ball joint sambungan rak dan tie-rod, bila aus ganti.

-         Periksa kondisi Penghantar rak, bila rusak atau retak ganti.

-         Periksa cincin pengunci sambungan rak, bila rusak atau retak ganti.
-         Periksa kondisi ulir-ulir mur dan baut,bila aus atau rusak perbaiki dengan
        tap atau sney.
-         Periksa klem dan klip, bila rusak ganti.
Pemasangan :
-         Langkah pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran, adapun komponen-komponen yang perlu diperhatikan saat pemasangan adalah :
-         Beri vet secukupnya pada bantalan, rak, gigi rak dan pinion serta ball joint.
-         Beri pelumas secukupnya ulir-ulir mur dan baut.
-         Kembalikan tanda-tanda (kanan dan kiri) seperti semula.
-         Pemasangan rak terhadap posisi pinion.
·          Atur bagian rak yang terlekuk berada ditengah-tengah lubang poros pinion.
·          Pasang pinion pada dudukannya dan yakinkan bawah ujung pinion berada dibantalan bawah.
 

Setel pre-load pinion.
-       Perhatikan tanda pemasang pada sambungan salib.
-       Setel tie-rod sesuai dengan tanda semula (ulir tie-rod kanan dan kiri harus sama panjang)
-       Jangan lupa mengencangkan semua baut pemasangan dan mur ball-joint dengan momen.
-       Baut pemasang rumah kemudi : 60 Nm.
-       Mur ball-joint tie-rod                  : 50 Nm

·          Bila ada nepel vet pada ball – joint, lakukan pelumasan dengan pompa vet.

-         Jangan lupa memasang pin pengunci pada ball – joint dan melipat pengunci pada baut pemasangan rumah kemudi.
-         Periksa toe – in (ukuran toe – in pada corolla : 0 ± 1mm)
































6 komentar:

Proyek membuat flasher

 Membuat Flasher Lampu Sein Motor flasher buatan sendiri Flasher sepeda motor ini dapat dibuat sendiri dari komponen umum yang banyak dijual...