Rabu, 31 Januari 2018

Membalance roda

Membalance Roda dengan Wheel Balancer

Prosedur yang harus dilakukan.
A.   Melepas roda dari kendaraan.
Ø  Sebelum dilakukan balance roda, terlebih dahulu mengendorkan mur roda pada roda yang akan dibalance menggunakan kunci roda.
Ø  Kendorkan mur roda, kemudian dongkrak kendaraan menggunakan dongkrak, selanjutnya bagian yang didongkrak ditopang menggunakan jack stand.
Ø  Selanjutnya, lepas mur roda dan melepas roda yang akan dibalance dari kendaraan.
B.   Melakukan Balance
Ø  Pastikan tekanan ban dalam keadaan standar, berikutnya membersihkan permukaan peleg roda dari bobot balancer sisa yang menempel, serta segala kotoran pada permukaan peleg.
Ø  Kemudian, memasang roda yang akan dibalance ke dudukan roda pada Mesin Balance Roda (Wheel Balancer) dan dikunci dengan menggunakan pengunci roda, serta memastikan roda sudah terpasang dengan kuat.
Ø   Nyalakan Wheel Balancer di samping kiri mesin
gb. 1. Menyalakan mesin

Ø  Setelah itu atur angka angka yang ada pada papan wheel balancer.Angka yang letaknya paling kiri,menunjukkan jarak wheel balancer dengan roda.Angka yang letaknya di tengah,menunjukkan lebar pelek,Dan angka yang letaknya paling kanan,menunjukkan diameter pelek.Atur angka yang ada di sebelah kiri dengan menarik tuas wheel balancer ke roda.Setelah itu Lepaskan tuasnya.Maka angka yang ada di sebelah kiri wheel balancer,otomatis berubah sesuai pengukuran.Jika angkanya tidak sesuai dengan pengukuran,maka ubah angkanya dengan menekan tombol a+ atau a-.
gb.2. Mengukur jarak roda dengan mesin

gb. 3. Hasil pengukuran jarak dengan mesin (otomatis)

Ø  Setelah itu,atur angka yang letaknya di tengah.Angka yang letaknya di tengah merupakan lebar roda.Di pelek terdapat kode kode yang menunjukkan lebar dan diameter pelek.jika kodenya hilang atau tidak terlihat,maka ukurlah lebar pelek menggunakan Width Measuring Gauge.Setelah itu,atur angkanya dengan menekan tombol b+ atau b-.
gb. 4. Pengukuran lebar roda

gb. 5. menyesuaikan lebar ban pada mesin.

Ø  Setelah itu,atur angka yang letaknya dikanan.Angka yang letaknya di kanan merupakan diameter roda.Di pelek terdapat kode kode yang menunjukkan lebar dan diameter pelek.jika kodenya hilang atau tidak terlihat,maka ukurlah diameter pelek menggunakan Width Measuring Gauge.Setelah itu,atur angkanya dengan menekan tombol d+ atau d-.
gb. 6. menggukur diameter roda

gb. 7. menyesuaikan diameter roda pada mesin.

Ø  Lalu tekan tombol start, Setelah itu,mesin bekerja.
gb. 8. menekan tombol start

Ø  Setelah mesin berhenti dan baca hasilnya. UNTUK SISI DALAM BERI BERAT SESUAI ANGKA PENUNJUKAN. UNTUK SISI LUAR BERI BERAT 2 X HASIL PENUNJUKAN
Ø  Setelah itu,ambil bobot balancer dan pasang pada roda sesuai dengan angka yang ditunjukkan pada mesin.Sebelum memasangnya pada roda,putar roda terlebih dahulu sampai tanda di sebelah angka tsb penuh/satu garis lurus.Setelah itu,pasang bobot balancer.Angka sebelah kiri menunjukkan bobot balance yang akan dipasang pada sebelah kiri roda sebesar …...gram.
Ø  Setelah terpasang  lalu tekan tombol start lagi.
Ø  Lihat hasil pemeriksaan,jika hasilnya 20 gram sebelah dalam dan yang sebelahnya menunjukkan angka 00 maka balancing belum jadi. Putar roda lagi sampai tanda lampu led disebelah  dalam angka full. setelah itu, pasang lagi bobot balancer di sisi dalam pada pelek bagian atas seporos dengan poros roda mesin sejumlah penunjukan 20 gram.
Ø  Setelah itu dan tekan tombol start.maka mesin bekerja.
Ø  Setelah mesin berhenti,lihat hasil pemeriksaan.Jika hasilnyaSISI DALAM DAN SISI LUAR 00—00, Maka roda telah BALANCE
Ø  Setelah proses balance selesai,lepas roda dari Mesin Balance Roda (Wheel Balancer), dengan melepas pengunci roda pada dudukan roda,
Ø  Setelah itu,lakukan pemasangan roda pada kendaraan.
Ø  Mati kan mesin jika tidak digunakan!

terima kasih 
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Motor 4 Tak Mesin Bensin

   MOTOR BAKAR 4 TAK PADA MOTOR BENSIN Mesin 4 tak adalah inovasi penting dalam dunia teknologi dan transportasi yang telah mengubah cara ki...