SOAL LATIHAN CPMS
1 |
Pada torque converter, komponen yang
dipasang pada input transmisi adalah: |
|
|
A |
Turbine Runner |
|
B |
Impeler |
|
C |
Vane |
|
D |
Stator |
|
E |
Worm and nut |
2 |
Pada torque converter, komponen yang
memungkinkan stator untuk dapat berputar searah dengan poros engkol adalah: |
|
|
A |
One way clutch |
|
B |
Stator |
|
C |
Impeler |
|
D |
Turnine runner |
|
E |
Brake Fluid |
3 |
Apa kepanjangan dari EPS.? |
|
|
A |
Engine Power Steering |
|
B |
Electrical Power steering |
|
C |
Electrical Power System |
|
D |
Engine Power System |
|
E |
Electrical Power Suspensi |
4 |
Pada transmisi otomatis kontrol elektronik,
komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai output-an dari Control Unit
adalah : |
|
|
A |
Solenoid Valve, lampu indikator ECT, steker diagnosa |
|
B |
Solenoid Valve, baterai, lampu indikator ECT, |
|
C |
Throttle Position Sensor, Vehicle Speed sensor, Baterai |
|
D |
Baterai, Vehicle Speed sensor, lampu indikator ECT |
|
E |
Jawaban A dan B benar |
5 |
Fungsi dari EPS,? |
|
|
A |
mengatur tekanan minyak rem di Caliper dengan mengatur posisi anchor. |
|
B |
Membantu kerja steering Wheel dengan pompa electronik yang di kontrol modul |
|
C |
sebagai pencegah kelebihan tekanan dari Accumulator yang dapat menyebabkan rem menyentak. |
|
D |
sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menurunkan tekanan minyak rem dalam Caliper secara perlahan |
|
E |
sebagai jalur kembali minyak rem dari Caliper ke Master Cylinder saat rem dilepas. |
6 |
Kelebihan EPS di banding Power steering
hidrolik, kecuali |
|
|
A |
Kehilangan tenaga mesin sangat kecil. |
|
B |
Konsumsi bahan bakar irit. |
|
C |
Lebih ringan dan kompak. |
|
D |
Sistem power steering bekerja berdasarkan kecepatan kendaraan. |
|
E |
Rumit dalam pemeriksaan bila terjadi kerusakan. |
7 |
Sensor yang bekerja pada EPS ialah, ? |
|
|
A |
Enggine control module |
|
B |
VSS dan Torque Sensor |
|
C |
MAP |
|
D |
Injection Sensor |
|
E |
O2 dan VSS |
8 |
Torque Sensor ada dua jenis yaitu,? |
|
|
A |
Potentiometer type dan inductance type |
|
B |
VSS dan Inductance type |
|
C |
Inductance type dan |
|
D |
Nanometer type dan barometer type |
|
E |
Potentiometer type dan vss type |
9 |
Sisi luar dari permukaan ban cenderung
habis lebih besar dari sisi dalam adalah pengaruh penyetelan dari geometri
roda yaitu : |
|
|
A |
Camber positif |
|
B |
Camber negatif |
|
C |
Caster positif |
|
D |
Caster negatif |
|
E |
Sudut Toe |
10 |
Gambar di bawah ini menunjukan … |
|
|
A |
Chamber positif |
|
B |
Chamber negative |
|
C |
Kemiringan roda |
|
D |
Toe in |
|
E |
Toe out |
11 |
Sisi luar dari permukaan ban cenderung
habis lebih besar dari sisi dalam adalah pengaruh penyetelan dari geometri
roda yaitu : |
|
|
A |
Camber positif |
|
B |
Camber negatif |
|
C |
Caster positif |
|
D |
Caster negatif |
|
E |
Sudut Toe |
12 |
Penyebab keausan ban seperti yang
ditunjukkan pada gambar keausan ban berikut ini adalah |
|
|
A |
caster terlalu besar |
|
B |
caster terlalu kecil |
|
C |
camber terlalu besar |
|
D |
camber terlalu kecil |
|
E |
king pin terlalu besar |
13 |
Perhatikan transmisi otomatis pada gambar
berikut : Nama komponen yang ditunjukkan tanda panah
adalah .... |
|
|
A |
Torque converter |
|
B |
kopling mekanika fluida |
|
C |
couple converter |
|
D |
kopling pneumatic |
|
E |
speed sensor belakang |
14 |
Nama komponen pada gambar dibawah ini
adalah: |
|
|
A |
Planetary gear |
|
B |
Sun Gear |
|
C |
Ring Gear |
|
D |
Pinion Gear |
|
E |
Torque converter |
15 |
Komponen sistem rem antiblokir (ABS) yang
berfungsi untuk mengontrol tekanan minyak rem pada masing-masing roda dengan
signal dari komputer adalah .... |
|
|
A |
lampu peringatan antilock |
|
B |
speed sensor belakang |
|
C |
switch hmpu rem |
|
D |
ABS computer |
|
E |
ABS actuator |
16 |
Gambar di bawah ini merupakan jenis cakram
tipe … |
|
|
A |
Rem cakram doble silinder |
|
B |
Rem cakram satu silinder |
|
C |
Rem cakram caliper ayun |
|
D |
Rem cakram doble silinder caliper ayun |
|
E |
Rem cakram satu silinder caliper ayun |
17 |
Sepatu rem terbuat dari plat baja. Kanvas
rem dipasang dengan cara dikeling atau dilem. Kanvas terbuat dari campuran
,,,,,,,? |
|
|
A |
Besi dan tembaga |
|
B |
fiber metalic, brass, lead, plastic |
|
C |
lead, plastic |
|
D |
lead, Semen, |
|
E |
FG Vihcle |
18 |
ABS kepanjangan dari....? |
|
|
A |
Anti lock Break Sociaty |
|
B |
Anti lock Break System |
|
C |
Anti lock Break Sentral |
|
D |
Anti Lock Break Spot |
|
E |
Anti lock Break Sport |
19 |
Fungsi dari Wheel Speed Sensor ialah |
|
|
A |
Berfungsi merespon kecepatan putaran mesin melalui sensor dan roda gigi yang terpasang pada mesin |
|
B |
Berfungsi mendeteksi kecepatan putaran roda melalui sensor dan roda gigi yang terpasang pada roda. |
|
C |
Berfungsi mendeteksi putaran kanvas rem |
|
D |
Berfungsi mendeteksi kecepatan mesin. |
|
E |
Berfungsi mendeteksi kecepatan putaran roda melalui sensor dan roda gigi yang terpasang pada roda. |
20 |
Komponen dari ABS dibawah ini kecuali,,,,, |
|
|
A |
Sensor kecepatan |
|
B |
ECU |
|
C |
Penggerak rem |
|
D |
Sensor ECM |
|
E |
Sensor perlambatan |
21 |
ABS Control Modul memiliki fungsi
sebagai.... |
|
|
A |
Mengolah data dari sensor roda dan mengendalikan tekanan minyak rem pada Cylinder Roda melalui Actuator. |
|
B |
Mengolah data dari sensor mesin |
|
C |
mengendalikan tekanan minyak rem pada Cylinder Roda melalui Actuator. |
|
D |
Mengolah data dari sensor mesin dan mengendalikan tekanan minyak rem pada Cylinder Roda melalui Actuator. |
|
E |
Sebagai penampung minyak rem |
22 |
Fungsi Tire Pressure Monitoring adalah
untuk mengamati tekanan udara didalam ban selama perjalanan, dan memberikan
sinyal bahaya pada pengendara jika tekanannya... |
|
|
A |
Rendah atau berlebih, sehingga temperatur naik yang dapat berakibat ban meletus |
|
B |
tinggi yang dapat berkibat ban meletus |
|
C |
berlebihan yang dapat berkibat ban meletus |
|
D |
kurang dari spesifikasi yang dapat berkibat ban meletus |
|
E |
jawaban a dan b benar |
23 |
Apa perbedaanantara lampu"berkedip" danlampu “nyala
terus” pada Tire Pressure Monitoring System (TPMS) adalah .... |
|
|
A |
Lampu nyala terus peringatan bagi sopir bahwa kondisi tekanan rendah pada salah satu ban atau lebih. Lampu berkedipmenunjukkan bahwa adakerusakandiTPMS. |
|
B |
Lampu berkedip peringatan bagi sopir bahwa kondisi tekanan rendah pada salah satu ban atau lebih. Lampu menyala terus menunjukkan bahwa adakerusakandiTPMS. |
|
C |
Lampu nyala terus peringatan bagi pengemudi tentang kerusakan TPMS. Lampu berkedip menjamin sistem TPMS berfungsi dengan baik. |
|
D |
Lampu nyala berkedip indikasi sedang memeriksa sistem TPMS. Lampu nyala terusmerupakan indikasitekanan banrendah. |
|
E |
jawaban a dan b benar |
24 |
Untuk membedakan ban yang terpakai dan ban
cadangan, Modul TPMS menggunakan informasi dari sensor ... |
|
|
A |
Accelerasi Sensor |
|
B |
Pressure Sensor |
|
C |
Vihicle Sensor |
|
D |
Rpm Sensor |
|
E |
Jawaban B dan C benar |
25 |
Perhatikan gambar berikut : Pernyataan yang benar untuk gambar tersebut
diatas adalah ... |
|
|
A |
Secara normal lampu indikator tekanan ban akan padam sesaat setelah kunci kontak ON. |
|
B |
Secara normal lampu indikator tekanan ban akan menyala saat kendaraan melaju |
|
C |
Secara normal lampu indikator tekanan ban akan padam saat kendaraan melaju |
|
D |
Secara normal lampu indikator tekanan ban akan menyala sesaat setelah kunci kontak ON. |
|
E |
Rpm Sensor |
26 |
Informasi tekanan dan temperatur pada ban
dikirim ke kontrol modul menggunakan mode, yang benar dari pernyataan berikut
adalah ... |
|
|
A |
Memakai mode nomalbila tekanan stabil dan mode cepat bila ada penurunan tekanan secara cepat. |
|
B |
Memakai mode normal agar baterai dalam sensor awet. |
|
C |
Memakai mode nomal dan mode cepat tergantung setingan awal. |
|
D |
Memakai mode cepat demi keselamatan pengendara. |
|
E |
Semua jawaban benar |
27 |
Perhatikan gambar sistem suspensi belakang
model bebas berikut ini ! Nama komponen gambar nomor 1, 2, dan 3 di
atas adalah .... |
|
|
A |
lengan suspensi, penyangga suspensi, dan peredam kejut |
|
B |
penyangga suspensi, stabilisator, dan peredam kejut |
|
C |
peredam kejut, pegas spiral, dan poros penggerak |
|
D |
stabilisator, lengan suspensi, dan peredam kejut |
|
E |
pegas spiral, stabilisator, dan Icngan suspensi |
28 |
Diketahui data ukuran ban adalah sebagai
berikut : 185/45 R 15 V R 86, maka
pernyataan yang benar untuk pembacaan ukuran ban tersebut adalah : |
|
|
A |
Diameter peleg 15 inch ban jenis Radial |
|
B |
Diameter peleg 15 inch ban jenis diagonal |
|
C |
Keliling ban 185 cm |
|
D |
Tinggi ban sebesar 185 mm |
|
E |
Lebar ban 45 cm |
29 |
Tipe ban yg dirancang untuk menahan udara
langsung didalamnya tanpa menggunakan ban dalam ialah |
|
|
A |
Ban radial |
|
B |
Ban tublees |
|
C |
Ban bias |
|
D |
Ban bias dan tubless |
|
E |
Ban radial dan tubless |
30 |
Tipe ban yang kontruksinya ditambah sabuk
searah lingkar ban ialah tipe ban..? |
|
|
A |
Ban radial |
|
B |
Ban tublees |
|
C |
Ban bias |
|
D |
Ban bias dan tubless |
|
E |
Ban radial dan tubless |
31 |
Kode ban 225 / 70 – R – 22.5 – 140 – 137 –
J. 225 merupakan besaran dari..? |
|
|
A |
Lebar ban |
|
B |
Tebal ban |
|
C |
Rasio ban |
|
D |
Diameter ban |
|
E |
Simbol kecepatan |
32 |
Kode ban 225 / 70 – R – 22.5 – 140 – 137 –
J. J merupakan kode dari..? |
|
|
A |
Lebar ban |
|
B |
Luas ban |
|
C |
Rasio ban |
|
D |
Diameter ban |
|
E |
Simbol kecepatan |
33 |
Kode ban 225 / 70 – R – 22.5 – 140 – 137 –
J. R merupakan kode dari..? |
|
|
A |
Lebar ban |
|
B |
Luas ban |
|
C |
Rasio ketebalan |
|
D |
Tipe ban |
|
E |
Simbol kecepatan |
34 |
Salah satu fungsi dari transmisi pada
kendaraan bermotor adalah : |
|
|
A |
Menambah kecepatan kendaraan |
|
B |
Menghentikan kendaraan |
|
C |
Memungkinkan kendaraan dapat berjalan maju |
|
D |
Mengatur moment putar kendaraan menjadi besar atau kecil sesuai dengan keadaan jalan |
|
E |
Membedakan puataran roda saat berbelok |
35 |
Fungsi dari unit kopling pada kendaraan
bermotor adalah untuk : |
|
|
A |
Memutuskan putaran dari engine ke transmisi |
|
B |
Menghubungkan putaran dari engine ke transmisi |
|
C |
Menghubungkan dan memutuskan putaran dari engine ke transmisi |
|
D |
Menghubungkan tenaga dari engine ke roda-roda |
|
E |
Menjalankan kendaraan maju dan mundur |
36 |
Pada gambar gearbox transmisi ini, nama
komponen yang benar adalah |
|
|
A |
(1) Poros Input, (2) Poros Bantu, (3) Poros Mundur (4) Poros Out Put |
|
B |
(1) Poros Input, (2) Poros Out Put, (3) Poros Mundur, (5) Poros Bantu |
|
C |
(1) Poros Input, (2) Poros Mundur, (3) Poros Out put, (5) Poros Bantu |
|
D |
(1) Poros Input, (2) Poros Bantu, (3) Poros Out put, (5) Poros Mundur |
|
E |
(1) Poros Input, (2) Poros Out Put, (3) Poros Bantu, (5) Poros Mundur |
37 |
Pada pemeriksaan keterbalan kanvas rem
minimum yang diperbolehkan adalah … |
|
|
A |
2 mm |
|
B |
1,5 mm |
|
C |
3 mm |
|
D |
2,5 mm |
|
E |
0,5 mm |
38 |
Sinyal tegangan yang keluar dari sensor VSS
pada EPS, berbentuk: |
|
|
A |
Analog Sinyal |
|
B |
Digital sinyal |
|
C |
Sinyal voltase |
|
D |
sinyal tegangan |
|
E |
Jawaban a dan b benar |
39 |
Oli / minyak pelumas yang melayani gardan /
diferensial adalah |
|
|
A |
SAE 10 |
|
B |
SAE 40 |
|
C |
SAE 60 |
|
D |
SAE 90 |
|
E |
SAE 120 |
40 |
Perhatikan gambar berikut : Agar diperoleh kestabilan jalannya
kendaraan saat bermanuver dengan kecepatan tinggi maka diperlukan
penyesesuaian sudut camber roda kanan kearah negatif dan sudut camber roda
kiri kerah positif sehingga diperoleh gaya reaksi dari traksi roda akibat
gaya sentrifugal bodi kendaraan (side force) yang dapat memungkinkan kendaraan
tetap melaju .... |
|
|
A |
tanpa terjadi roda-roda slip arah samping |
|
B |
tanpa melaju roda-roda slip arah samping |
|
C |
tetap melaju tanpa terjadi roda-roda slip |
|
D |
tetap terjadi roda-roda slip arah lateral |
|
E |
Jawaban A dan C benar |
TULIS JAWABAN DI KOLOM KOMENTAR
Dengan nama dan kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar