RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK IPTEK WERU |
Tahun
Pelajaran : 2021/2022 |
|
Mata
Pelajaran : PKKR |
Alokasi
Waktu : 6 JP (6 X 30 Menit) |
|
Kelas
Semester : XII TKR/ Gasal |
|
|
KD PENGETAHUAN |
KD KETERAMPILAN |
|
3.14.Mendiagnosis kerusakan sistem
kelistrikan dan kelengkapan tambahan |
4.14. Memperbaiki
sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan |
|
IPK |
IPK |
|
3.14.1 Menentukan cara Mendiagnosis kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan
tambahan 3.14.2 Mendeteksi letak kerusakan sistem kelistrikan dan
kelengkapan tambahan |
4.14.1 Memperbaiki sistem
kelistrikan dan kelengkapan tambahan 4.14.2 Mengontrol
hasil perbaiki sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan |
|
Materi: Pendahuluan rangkaian penerangan,
Merangkai sistem
penerangan lengkap sesuai SOP. |
||
Tujuan
Pembelajaran: Melalui proses pembelajaran dengan
pendekatan saintifik, peserta didik mampu menentukan cara mendiagnosis
dan memperbaiki kerusakan sistem kelistrikan dan kelengkapan tambahan. |
||
Sumber Belajar: NEW STEP 1 TRAINING MANUAL PT TOYOTA ASTRA
MOTOR 1995, D-STEP DAIHATSU
TECHNICIAN, PT ASTRA DAIHATSU MOTOR JAKATA 2009, Internet, Jobsheet. |
||
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||
Pendekatan: Saintifik Metode
: Diskusi, Demonstrasi. Produk
: Hasil lembar
kerja peserta didik Media,
Alat, dan Bahan: Google
Drive, PPT, Youtube, Blog, WhatApp, Media Praktik. |
A. PENDAHULUAN 1.
Guru
menyapa peserta didik melalui WhatsApp Grup Kelas. 2.
Menyampaikan
pesan religius untuk berdoa dan memotivasi peserta didik agar selalu mematuhi
protokoler kesehatan. 3.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik. B. KEGIATAN
INTI 1. Mengamati. Guru memberikan informasi
kepada peserta didik melalui Grup WhatsApp. Peserta didik membuka link materi
di Google drive, bloger maupun dari
Youtube yang di berikan guru. 2. Menanya Peserta didik merumuskan permasalahan
yang ada pada materi tersebut. 3. Mengumpulkan
Informasi Peserta didik mencatat
pokok-pokok informasi dari materi. 4. Menalar Peserta didik menulis dibuku catatan atau di HP berdasarkan informasi yang
didapat. 5. Mengkomunikasikan Peserta didik memberikan
komentar di bloger, Youtube maupun mengerjakan soal latihan di google form
dan mengumpulkan tugas lewat Google drive. C. PENUTUP
DAN UMPAN BALIK 1.
Guru
memberikan refleksi dengan cara mengomentari hasil kerja siswa. 2.
Peserta
didik menerima penjelasan melalui Youtube mengenai materi pada pertemuan yang
akan dating. 3.
Siswa
dan guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan berdoa . |
|
Penilaian
: 1.
Penilain
sikap dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara pengamatan dan
observasi. 2.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan tes tulis selama proses pembelajaran. 3.
Penilaian
keterampilan dengan cara menilai keaktifan peserta didik dalam mengikuti dan
mengumpulkan tugas. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar