ujian Praktik KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Teknik
Kendaraan Ringan
Kode : 7303
Alokasi Waktu : 180 Menit
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Nomor Peserta
:
Nama Peserta :
NO
|
Penilaian Kompetensi
|
Pencapaian Kompetensi
|
|
I
|
Persiapan
Kerja
(Skor maksimal 30)
|
||
1.1.
Penggunaan pakaian kerja
|
|||
1.2. Persiapan tools and equipment
|
|||
1.3. Persiapan buku manual
|
|||
2.2 Engine
overhaul
|
|||
2.2.1.
Penurunan engine dari kendaraan
|
|||
2.2.2.
Pembongkaran komponen engine
|
|||
2.2.3.
Pembersihan dan menata komponen
|
|||
2.2.4. Pemeriksaan kerataan cylinder block
|
Hasil Ukur 1
|
||
Hasil Ukur 2
|
|||
Hasil Ukur 3
|
|||
Hasil Ukur 4
|
|||
Arah
melintang
|
Diameter asli
|
||
Ukuran 1
|
|||
Ukuran 2
|
|||
Ukuran 3
|
|||
Arah
memanjang
|
Diameter asli
|
||
Ukuran 1
|
|||
Ukuran 2
|
|||
Ukuran 3
|
|||
2.2.5.
Pemeriksaan keovalan cylinder block silinder no 1
|
|||
2.2.6.
Pemeriksaan ketirusan cylinder block silinder no 1
|
|||
2.2.7. Pemeriksaan
kerataan cylinder head
|
Hasil Ukur 1
|
||
Hasil Ukur 2
|
|||
Hasil Ukur 3
|
|||
Hasil Ukur 4
|
|||
2.2.8. Pemeriksaan
katup (diameter
batang katub)
|
Katub buang
|
||
Katub masuk
|
|||
2.2.9. Pemeriksaan
pegas katup (panjang
pegas katub)
|
Pegas katub buang
|
||
Pegas katub masuk
|
|||
2.2.10. Pemeriksaan
crank shaft
|
Run out
|
||
2.2.11. Pemeriksaan
crank pin
|
Hasil Ukur 1
|
||
Hasil Ukur 2
|
|||
Hasil Ukur 3
|
|||
Hasil Ukur 4
|
|||
Ketirusan Main pin
|
|||
Keovalan Main pin
|
|||
2.2.12. Pemeriksaan
crank journal
|
Hasil Ukur 1
|
||
Hasil Ukur 2
|
|||
Hasil Ukur 3
|
|||
Hasil Ukur 4
|
|||
Ketirusan Main journal
|
|||
Keovalan Main journal
|
|||
2.2.13. Pemeriksaan
camshaft (Noken as)
|
Run out
|
||
Tinggi camlobe katub masuk (silinder 1)
|
|||
Tinggi camlobe katub buang (silinder 1)
|
|||
2.2.14. Pemeriksaan
piston
|
Diameter piston
|
||
2.2.15. Pemeriksaan
ring piston
|
Celah ujung
|
||
Celah samping
|
|||
2.2.16. Pemeriksaan
pena piston
|
Diameter pena piston
|
||
2.2.17.
Pemeriksaan connecting rod
|
|||
2.2.18.
Perakitan komponen
|
|||
2.2.19. Pemasangan
pada engine kendaraan
|
|||
2.2.20. Running test
|
|||
Skor Komponen :
|
Weru, 2018
Penguji Peserta
............. .............
Peralatan yang disiapkan mistar
pengaris dan feeler gauge
pengaris dan feeler gauge
Posisi pengukuran tidak harus sesuai
dengan gambar berikut ini hanya contoh..
Gb.1. Pengukuran 1
Gb.2. Pengukuran 2
Gb.3. Pengukuran 3
Gb.4. Pengukuran 4
Tulis hasil pengukuran
1.
Hasil ukur
1:..........
2.
Hasil ukur
2:..........
3.
Hasil ukur
3:..........
4.
Hasil ukur
4:..........
Kesimpulan: bila hasil pengukuran melebihi spesifikasi
maka komponen tidak standar
2.2.7. Pemeriksaan kerataan cylinder head
Peralatan yang disiapkan mistar pengaris dan feeler gauge
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan cylinder head datar
Gb.1. Menempatkan feeler gauge diantara mistar
dan cylinder head
Gb.2. Tarik feeler gauge hingga terasa ada
gesekan
Gb.3. Menempatkan feeler gauge diantara mistar
dan cylinder head
Dengan ukuran yang paling tepat
2.2.7. Pemeriksaan kerataan cylinder head
Kesimpulan :...........
|
Hasil Ukur
1:...................mm
|
Hasil Ukur
2:...................mm
|
|
Hasil Ukur
3:...................mm
|
|
Hasil Ukur
4:...................mm
|
2.2.8. Pemeriksaan katup (diameter batang katub)
Peralatan yang disiapkan micrometer luar
Lepaslah katub dengan mengunakan valve spring compresor
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan katub tegak
Gb. 1. Perbedaan katub masuk dan katub buang
Katub masuk diameter piringannya lebih besar
2.2.8. Pemeriksaan katup (diameter batang katub)
Periksa kondisi piringan
katub
Kesimpulan:...............
|
Katub buang
:.....................mm
|
Katub masuk :.....................mm
|
2.2.9. Pemeriksaan pegas katup (panjang pegas katub)
Peralatan yang disiapkan
jangka sorong atau skitmat
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan pegas katub dengan tepat
Gb.1. Mengukur panjang pegas katub dengan
jangka sorong
2.2.9.
Pemeriksaan pegas katup (panjang pegas katub)
Kesimpulan
:......................
|
Pegas katub buang:.....................mm
|
Pegas katub masuk:.....................mm
|
2.2.10. Pemeriksaan crank shaft(Run out)
Peralatan yang disiapkan Dial test indicator
Lepaslah crankshaft atau poros engkol dari engine
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan crankshaft di atas meja
perata dengan V-BLOCK
Gb. 1. Tepatkan dial gauge pada skala putar
diangka 0
Putarlah
crankshaft lihat penunjukan jarum
Gb. 2. Jarum bergerak berlawanan jarum jam
Maka
tepatkan lagi angka 0 dengan memutar
skala putar.
Putar
lagi hingga jarum bergerak searah jarum jam,
amati
hasil penunjukan nilai terbesar dari satu kali putaran crankshaft
2.2.10. Pemeriksaan crank shaft
Lihat permukaan fisik crankshaft
Kesimpulan :................
|
Run out :..................mm
|
2.2.11. Pemeriksaan crank pin
Peralatan yang disiapkan micrometer luar
Lepaslah crankshaft atau poros engkol
dari engine
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan crankshaft di atas meja
perata dengan V-BLOCK
Jangan lupa Kalibrasi micrometer
Gb. 2. Contoh posisi pengukuran 2
Gb. 3. Contoh posisi pengukuran 3
Gb. 4. Contoh posisi pengukuran 4
2.2.11. Pemeriksaan crank pin
Kesimpulan:....................
|
Hasil Ukur 1
:...............mm
|
Hasil Ukur 2 : ...............mm
|
|
Hasil Ukur 3 : ...............mm
|
|
Hasil Ukur 4 : ...............mm
|
|
Ketirusan Main pin
:...............-................=.................mm
|
|
Keovalan Main pin
:...............-................=.................mm
|
Keterangan:
-
untuk mencari ketirusan kurangi hasil ukuran besar dengan kecil antara pengukuran 1 dan 2 atau sebaliknya ukuran 3
dan 4.
-
untuk mencari keovalan kurangi hasil ukuran besar dengan kecil antara
pengukuran 1 dan 3 atau sebaliknya ukuran 2 dan 4
-
posisi pada gambar diatas mempermudah
mencari ketirusan dan keovalan.
2.2.12. Pemeriksaan crank journal
Peralatan yang disiapkan micrometer luar
Lepaslah crankshaft atau poros engkol
dari engine
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan crankshaft di atas meja
perata dengan V-BLOCK
Jangan lupa Kalibrasi micrometer
Gb. 1. Contoh posisi pengukuran 1
Gb. 2. Contoh posisi pengukuran 2
Gb. 3. Contoh posisi pengukuran 3
Gb. 4. Contoh posisi pengukuran 4
2.2.11. Pemeriksaan crank journal
Kesimpulan:....................
|
Hasil Ukur 1
:...............mm
|
Hasil Ukur 2 : ...............mm
|
|
Hasil Ukur 3 : ...............mm
|
|
Hasil Ukur 4 : ...............mm
|
|
Ketirusan Main journal
:..........-............=............mm
|
|
Keovalan Main journal :..........-............=............mm
|
Keterangan:
-
untuk mencari ketirusan kurangi hasil ukuran besar dengan kecil antara pengukuran 1 dan 2 atau sebaliknya ukuran 3
dan 4.
-
untuk mencari keovalan kurangi hasil ukuran besar dengan kecil antara
pengukuran 1 dan 3 atau sebaliknya ukuran 2 dan 4
-
posisi pada gambar diatas mempermudah
mencari ketirusan dan keovalan.
2.2.13. Pemeriksaan camshaft (Noken as)
Peralatan yang disiapkan Dial test indicator
Lepaslah camshaft atau
noken as dari engine
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Posisikan camshaft di atas meja
perata dengan V-BLOCK
Gb. 1. Tepatkan dial gauge pada skala putar
diangka 0
Gb. 2. Jarum bergerak berlawanan jarum jam
Maka tepatkan lagi angka 0 dengan memutar skala putar.
Putar lagi hingga jarum
bergerak searah jarum jam,
amati hasil penunjukan nilai terbesar dari
satu kali putaran camshaft
Tinggi camlobe katub buang (silinder 1)
Gb. 3. Pengukuran camlobe katub buang
pada camshaft cylinder 1
Tinggi camlobe katub masuk (silinder 1)
2.2.13. Pemeriksaan camshaft
(Noken as)
Kesimpulan:.......................
|
Run out
:.................mm
|
Tinggi camlobe katub masuk (silinder 1) :..............mm
|
|
Tinggi camlobe katub buang (silinder 1) :...............mm
|
2.2.14. Pemeriksaan piston
Peralatan yang disiapkan micrometer
Kalibrasi micrometer
Lepas piston untuk silinder no 1 dari
lubang silinder
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Letakan piston pada posisi datar
Tepatkan micrometer di tengah- tengah
piston
Baca hasil penunjukan pengukuran
Gb. 1. Posisi pengukuran diameter piston
2.2.14. Pemeriksaan piston
Kesimpulan:.................
|
Diameter piston
:...................mm
|
2.2.15. Pemeriksaan ring piston
Peralatan yang disiapkan
feeler gauge
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Gb. 2.
Posisi pengukuran celah samping ring piston.
2.2.15. Pemeriksaan ring piston
Kesimpulan;...................
|
Celah
ujung :.....................mm
|
Celah
samping :.....................mm
|
2.2.16. Pemeriksaan pena piston
Peralatan yang disiapkan
micrometer
Kalibrasi micrometer
Lepas pena piston dari piston no 1
Bersihkan permukaan yang akan
diperiksa!
Letakan pena piston pada posisi datar
Tepatkan micrometer di tengah- tengah
pena piston
Baca hasil penunjukan pengukuran
Gb. 1. Pengukuran
pena piston
2.2.16. Pemeriksaan pena piston
Kesimpulan
:..............
|
Diameter
pena piston:.................mm
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar